Kamis, 30 April 2009

Pangsa BPRS Bisa Capai 20 Persen

JAKARTA -- Berbeda dengan proyeksi Asbisindo tentang BPRS, Direktur Utama BPRS Harta Insan Karimah (Hikmah) Tangerang, Bainurrahman Alamsyah, memroyeksikan pangsa pasar BPRS bisa mencapai 20 persen tahun ini. Alamsyah mengatakan proyeksi tersebut dikarenakan melihat kecenderungan masyarakat yang mulai beralih pada bank syariah termasuk BPRS.

"Market share delapan persen terlalu pesimis. Peluang BPRS masih cukup besar karena itu minimal market share 20 persen tahun ini," kata Alamsyah, Rabu (29/4). Menurut dia, krisis ekonomi global saat ini tidak memberi pengaruh terhadap nisbah dan harga jual BPRS.

Perkembangan industri perbankan syariah yang juga didukung pemerintah melalui UU Perbankan Syariah, lanjut Alamsyah, juga dapat membuat kepercayaan masyarakat meningkat akan lembaga keuangan syariah. Selain itu market share juga bisa terdorong dengan mulai banyaknya investor yang mendirikan BPRS.

Alamsyah mengakui saat ini BPRS belum banyak menjalankan skim yang tersedia. "Peluang pasar UKM masih luas, selain itu BPRS juga bisa memperluas skim dengan gadai," kata Alamsyah. Ia pun mendorong BPRS-BPRS untuk memperluas skimnya.

Di BPRS Hikmah sendiri, terang Alamsyah, telah mengembangkan gadai. Berikutnya adalah pembiayaan mikro dengan pinjaman maksimal Rp 5 juta tanpa jaminan. "Saat ini sudah berjalan cukup baik di kecamatan Ciputat dengan NPF nol persen," kata Alamsyah.

BPRS Hikmah pun akan mengembangkan pembiayaan tersebut ke kecamatan Larangan dan Ciledug. Tercatat pembiayaan BPRS Hikmah di kuartal I 2009 sebesar Rp 86,4 miliar, aset Rp 102,3 Miliar, DPK Rp 88,1 miliar dan laba tahun berjalan Rp 493 juta. gie/ism

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Subscribe to bisnis_syariah

Powered by us.groups.yahoo.com

Mau Klik Iklan diBayar Rupiah???