Kamis, 23 April 2009

BMT Bina Ihsanul Fikri: Bidik Peluang Pertanian

Walau Indonesia dikenal sebagai negara agraris, pembiayaan lembaga keuangan syariah ke sektor pertanian terbilang cukup minim. Namun, bagi BMT Bina Ihsanul Fikri sektor tersebut menjadi fokus pembiayaan. Di tahun ini pun ditargetkan porsi pembiayaan meningkat 10 persen.

Walau pertanian belum menjadi sektor pembiayaan yang mayoritas, namun BMT Bina Ihsanul Fikri berkomitmen untuk meningkatkan pembiayaan ke sektor tersebut. Di tahun lalu komposisi pembiayaan mayoritas disalurkan ke perdagangan (70 persen), pertanian (20 persen), dan jasa (10 persen). Direktur BMT Bina Ihsanul Fikri, M Ridwan mengatakan, sektor pertanian masih memiliki potensi cukup besar karena itu pihaknya akan meningkatkan porsi pembiayaan ke sektor tersebut.

Untuk mendukung suksesnya pembiayaan sektor pertanian, BMT memberikan pendampingan manajerial kepada para petani. Sementara, untuk pendampingan teknis bekerja sama dengan sebuah perusahaan untuk membuat kompos. ''Untuk pendampingan pembiayaan kita sinergikan antara pertanian, peternakan, dan energi terbarukan sehingga dapat bermanfaat pada masyarakat,'' kata Ridwan.

Saat ini, BMT yang telah berusia 13 tahun ini juga sedang fokus melakukan pembiayaan revitalisasi petani-petani kakao di tiga desa di kecamatan Kalibawang, Kulonprogo, yaitu Banjarharjo, Banjarsari, dan Banjararum. Selain sektor pertanian, fokus pembiayaan juga dilakukan untuk kredit pemilikan rumah syariah (KPRS) bersubsidi, bekerja sama dengan Kementerian Negara Perumahan Rakyat.

Di 2008 BMT menyalurkan KPRS bagi 115 unit rumah. Ridwan mengatakan, meski di tahun ini BMT memiliki kuota bagi 100 unit rumah, namun pihaknya menargetkan penyaluran bagi 200 unit rumah. ''Saat ini kita sedang mengajukan tambahan ke Menpera,'' imbuh Ridwan.

Sementara, untuk mensiasati persaingan antaralembaga keuangan syariah di sektor mikro yang semakin kompetitif BMT Bina Ihsanul Fikri melakukan pendekatan secara personal melalui kunjungan langsung kepada anggota dan pengajian minimal satu bulan sekali bagi nasabah pembiayaan dengan sistem berkelompok (tanggung renteng). Ridwan mengatakan untuk mempertahankan kedekatan BMT dengan anggotanya maupun calon nasabah, di tahun ini BMT melakukan pendekatan personal kepada para pedagang di pasar setiap bulannya. ''Kita melakukan pendekatan langsung kepada calon nasabah maupun yang sudah menjadi anggota walau hanya sekedar menyapa saja,'' kata Ridwan.

Dalam usaha menggaet nasabah BMT melakukan sosialisasi ke masjid, arisan, maupun kelompok pengajian. ''Selain itu di setiap bulan Syawal kami juga selalu melakukan halal bihalal dengan para pedagang pasar,'' imbuh Ridwan.

Untuk meningkatkan kinerja di tahun ini, BMT Bina Ihsanul Fikri pun berencana melakukan ekspansi di dua daerah, yaitu Klaten dan Bantul atau Sleman. Pemilihan Klaten sebagai salah tujuan ekspansi adalah karena jumlah BMT di sana belum terlalu banyak. ''Persaingan di sana belum terlalu seketat sebagaimana yang terjadi di Yogyakarta,'' ujar Ridwan.

Sementara, pemilihan Bantul sebagai salah satu calon adalah karena pihaknya membidik kehadiran pasar baru di wilayah tersebut dan Sleman terpilih karena adanya nasabah BMT yang berdomisili di sana. Hingga kini BMT yang berdiri sejak 11 Maret 1996 ini memiliki enam kantor cabang di kota Yogya (empat unit), Bantul, dan Sleman.

Selain merambah pasar Yogyakarta dan Jawa Tengah, Ridwan mengungkapkan pihaknya berencana memperluas jaringan hingga Jawa Timur, khususnya di Magetan, Pacitan, Madiun, dan Banyuwangi pada 2011. Adanya sejumlah nasabah yang berasal dari kota tersebut menjadi salah satu alasan untuk memperluas kantor. Di tahun ini BMT Bina Ihsanul Fikri menargetkan aset meningkat menjadi Rp 18,6 miliar, pembiayaan Rp 13 miliar, funding Rp 9,5 miliar, pinjaman pihak lain Rp 4 miliar, dan laba Rp 196 juta.Rata Penuh

1 komentar:

  1. banyuwangi kalau eluang di bidang bmt syariah saya juga tertarik dan kami siap menjadi artner yang serius dalam engembangan bidang syariah baik nanti di bidang pertanian dan lain2

    Dwi ristanto
    cv.rimba surta
    jl.dionegoro 244 rt 01 rw 5 genteng banyuwangi
    tel (0333)846557 hp 081336668898

    BalasHapus

Subscribe to bisnis_syariah

Powered by us.groups.yahoo.com

Mau Klik Iklan diBayar Rupiah???