Kamis, 19 Maret 2009

Pinbuk: BMT Tumbuh Minimal 20 Persen

JAKARTA -- Pusat Inkubasi Bisnis Usaha Kecil (Pinbuk) memproyeksikan Baitul Maal wat Tamwil (BMT) di Indonesia tumbuh lebih dari 20 persen tahun ini. Sektor mikro Indonesia yang terus berkembang pesat membuat lembaga keuangan mikro syariah juga ikut tumbuh.


Direktur Eksekutif Pinbuk, Aslichan Burhan mengatakan, dalam beberapa tahun terakhir BMT selalu mengalami pertumbuhan sedikitnya 20 persen, sehingga di tahun ini pertumbuhan setidaknya akan sama seperti tahun sebelumnya. ''Secara jumlah kelembagaan minimal 500 unit BMT baru berdiri di tahun ini," kata Aslichan, Senin (16/3). Untuk membantu sektor mikro Indonesia, ia pun mengharapkan setidaknya BMT dapat berdiri di setiap kecamatan di Indonesia.

Di tahun ini Pinbuk terus meningkatkan kerja sama dengan pemerintah pusat maupun daerah, serta lembaga keuangan syariah lainnya. Salah satu fokus Pinbuk di tahun ini adalah mengembangkan BMT berbasis masjid di tingkat nagari (desa) di kabupaten Agam, Sumatra Barat.

Saat ini BMT Agam telah mencapai 82 unit. BMT yang berbasis masjid ini pun diproyeksikan bertambah dua kali lipat di tahun ini melalui perluasan ke tiga kabupaten, yaitu kabupaten Solok Selatan, Sijunjung, dan Pasaman.

Aslichan mengatakan pertumbuhan BMT nagari selalu meningkat dua kali lipat setiap tahunnya. ''Di tahun pertama ada 16 BMT, tahun kedua bertambah menjadi 41 unit dan data terakhir ada 82 BMT,'' kata Aslichan.

Jumlah pendanaan di BMT tersebut bisa mencapai Rp 500 juta. Dalam pembentukan setiap BMT nagari tersebut, lanjut dia, terdapat modal swadaya masyarakat antara Rp 60 juta hingga Rp 100 juta dan dana dari pemerintah kabupaten sebesar Rp 300 juta.

Sementara, untuk membantu penyaluran pembiayaan BMT, Pinbuk juga menyalurkan dana dari Lembaga Penyaluran Dana Bergulir (LPDB) Kementerian Negara Koperasi dan UKM sebesar Rp 30 miliar tahun ini. LPDB telah menyiapkan dana sebesar Rp 860 miliar untuk penyaluran pembiayaan ke lembaga keuangan mikro tahun ini.

Untuk meningkatkan kualitas SDM di BMT, Pinbuk juga mengadakan pelatihan SDM bagi para pengelola. Pinbuk juga bekerja sama dengan Bank Muamalat untuk pembentukan 500 BMT Shar-e. BMT tersebut tersebar di 12 provinsi, di antaranya Jawa tengah, Jakarta, Jawa Timur, Lampung, Sulawesi Selatan, Sumatra Utara.

1 komentar:

  1. Rumah Sakit Islam Sakinah Mojokerto,telp :(0321)321922,326991,329669.sms:08563422761

    BalasHapus

Subscribe to bisnis_syariah

Powered by us.groups.yahoo.com

Mau Klik Iklan diBayar Rupiah???